You are here
Home > Teknologi > Prosesor Intel yang Makin Kecil

Prosesor Intel yang Makin Kecil

Seperti yang kita tahu bahwa prosesor intel kini sudah menggunakan teknologi 14 nm, walaupun teknologi ini termasuk cukup positif, namun seiring waktu di perlukan pengembangan, hingga akhirnya intel akan segera menghadirkan fabrikasi 10 nm, luar biasa. Di kutip dari jagatreview.com bahwa ada 3 codename yang disebutkan Intel terkait prosesor 10 nm mereka, yaitu Ice Lake, Lakefield, dan Snow Ridge dengan peruntukkan yang berbeda-beda.

Snow Ridge adalah produk sebuah SoC yang ditujukan untuk penggunaan di base station, atau yang mungkin lebih kita kenal sebagai “BTS”, untuk operator telekomunikasi memancarkan sinyal seluler ke pengguna layanan mereka. Snow Ridge akan memungkinkan hadirnya sebuah BTS 5G yang lebih pintar, bisa menawarkan lebih banyak hal karena integrasi arsitektur besutan Intel di sebuah tempat yang sebelumnya belum mereka jangkau. Memanfaatkan Snow Ridge ini, suatu BTS akan bisa menawarkan throughput hingga 100 Gbps, dengan kemampuan pengolahan prioritas paket, sehingga memungkinkan paket data di jaringan 5G yang penting, atau bahkan critical, mendapatkan prioritas yang lebih tinggi dari paket-paket biasa. Ini merupakan suatu langkah baru bagi Intel, dan diharapkan bisa mulai mereka lakukan di paruh kedua tahun ini.

  1. Ice Lake akan hadir sebagai prosesor yang “umum kita kenal”, dengan arsitektur baru yang disebut sebagai Sunny Cove. Hadir di ranah mobile, Ice Lake ini akan menawarkan beberapa hal baru, selain fabrikasi 10 nm dan arsitektur Sunny Cove, seperti unit pengolah grafis terintegrasi Gen. 11, yang disebut menawarkan performa yang jauh lebih tinggi dari yang selama ini ditawarkan oleh pengolah grafis terintegrasi besutan Intel di prosesor mereka. Selain itu, prosesor ini juga akan mengusung integrasi WiFi Gen. 6 (WiFi AX), Thunderbolt 3, serta set instruksi “DL-Boost” untuk akselerasi berbagai hal terkait AI. Satu hal yang menarik terkait Ice Lake ini, Sam Burd, dari Del, yang diundang ke atas panggung oleh Gregory Bryant, menyebutkan bahwa produk perdana mereka dengan Ice Lake bisa jadi akan siap untuk “musim liburan” tahun ini, yang bisa saja merujuk ke periode bulan Juli – Agustus mendatang, bertepatan dengan libur musim panas di berbagai negara.
  2. Lakefield, ini adalah sebuah client platform, dengan prosesor 10 nm, yang memungkinkan produsen perangkat/OEM untuk menghasilkan perangkat untuk mobilitas tinggi yang lebih ringkas lagi. Prosesor yang digunakan di client platform ini hadir dengan desain Hybrid CPU, dengan Foveros 3D packaging technology, di mana Intel “menumpuk” prosesor, berbagai komponen I/O, dan memori di dalam suatu chip, sehingga memungkinkan board yang lebih ringkas karena berbagai komponen sudah ada dalam prosesor. Hybrid CPU yang digunakan di Lakefield ini sendiri hadir dengan 5-core, dengan 1 core Sunny Cove dan 4 core berbasis Atom. Perangkat berbasis Lakefield, yang tentunya akan hadir sebagai perangkat ringkas yang hemat daya, ini disebut akan hadir tahun ini.
  3. Ice Lake juga akan hadir dalam bentuk prosesor server, sebagai penerus dari Cascade Lake yang akan hadir dalam waktu dekat ini. Prosesor Ice Lake di server, selain menawarkan peningkatan dari sisi performa, juga disebut Intel akan menawarkan kemampuan keamanan yang lebih baik lagi. Intel menyiapkan prosesor Ice Lake ini untuk rilis sekitar tahun 2020 mendatang.

Bagaimana dengan versi desktop? kita tunggu saja, semoga saja ikut kebagian dalam waktu dekat, karena memang itulah yang kita nanti-nanti.

Top